Thursday, August 4, 2016

Sudut Pandang Desa Sentol Laok


Berbicara tentang sumenep tentunya bukan hal yang asing lagi ditelinga kita. Seperti halnya yang sudah kita ketahui bersama bahwa sumenep merupakan salah satu kota yang ada di pulau Madura, dimana letaknya terdapat di ujung paling timur pulau madura.
Sumenep merupakan salah satu kota di madura yang banyak dikenal oleh masyarakat luar karena wisata alamnya yang bisa dikatakan lumayan banyak. Beberapa tempat wisata yang menjadi tujuan utama dari para wisatawan tentunya adalah pantai lombang, pantai slopeng dan pulau gili labak.
Tentunya bukan hanya wisata itu saja yang terdapat di kota sumenep. Masih banyak lagi keindahan alam yang dapat kita explore dan nikmati bersama. Salah satunya adalah keindahan alam yang terdapat di Desa Sentol Laok Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Jika berbicara tentang kecamatan pragaan tentunya bukan hanya berbicara tentang keindahan alam tetapi juga sudah tidak bisa lepas dari yang namanya pondok pesantren.  Ya karena memang di kecamatan ini terdapat pondok pesantren terbesar di pulau madura yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat umum yaitu Pondok Pesantren Al- Amien.  
Awalnya ketika saya dan teman- teman KKN 10  UTM  sampai di Desa Sentol Laok sudah disuguhi dengan keindahan alam yang terhampar indah menuju jalan rumah kepala desa. Suasana alam yang bersahaja dan juga sejuk menambah kekaguman kita akan indahnya panorama desa ini dengan ciri khas bukit yang mengelilingi pemukiman warga, ya meskipun tidak sama dengan keindahan bukit yang terdapat di bogor, tapi setidaknya mampu membuat kita merasa nyaman ketika ada di desa ini. Bukan hanya tentang keindahan alamnya saja tetapi sosial budaya yang ada di desa ini masih sangat kental dengan keagamaan. Hal tersebut tentunya  bukan hal yang asing lagi bagi kita.  Warga yang ramah- ramah memberikan kesan yang baik bagi kami ketika akan mengabdi dan mengemban tugas dari kampus selama 26 hari dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Desa Sentol Laok terdiri dari 6 RT dan 2 RW dari 2 Dusun yaitu Dusun Tengginah dan Dusun Lembenah dengan batas sebalah utara berbatan dengan desa Sentol Daja, sebelah timur desa Pakamban Daja, sebelah selatan desa Sentol Daja, dan sebelahg barat berbatasan dengan desa Larangan Perreng. Potensi alam yang ada di desa ini sangatlah melimpah. Mayoritas masyarakat desa sentol laok memanfaatkan ladang dan sawahnya ditanami dengan pohon yang dapat memberikan nilai ekonomi bagi kehidupan sehari- hari, seperti halnya pohon pisang, kelapa, singkong dan lain sebagainya. Namun sayang melimpahnya hasil alam tersebut tidak lantas membuat desa ini maju secara perekonomian. Hal ini dikarenakan masih rendahnya  SDM yang ada di desa ini. Sehingga banyak masyarakat yang ada di desa Sentol Laok menjual hasil pertaniannya dalam keadaan masih mentah, yang akibatnya tidak memiliki nilai ekonomi yang tinggi.   

No comments:

Post a Comment

About me